Selasa, 29 Maret 2011

Lama Temple

Kuil/Candi ini dibangun pada tahun 1694 semasa Dinasti Qing. Kemudian pembangunan kuil ini diteruskan oleh Kaisar Yongzheng sejak dia naik tahta pada tahun 1722. Semula Kuil ini menjadi tempat tinggal Pangeran Yong, putra Kaisar Yongzheng, tapi kemudian sebagiannya dijadikan biara sebagai tempat tinggal para biksu asal Tibet yang beragama Buddha. Setelah kematian Kaisar Yongzheng, maka peti matinya ditempatkan dalam kuil ini dimana ubin pirusnya diganti dengan ubin kuning sebagai penghormatan kepada Almarhum.
Kuil Lama ini terletak pada poros tengah jalan dari utara ke selatan dengan panjang 480m. Pintu gerbang utama terletak di ujung selatan poros ini. Sepanjang poros ini terletak 5 Aula(Hall) utama yang dipisah oleh halaman. 5 Aula tsb adalah:
  1. Hall of Heavenly Kings (Tian Wang Dian)
  2. Hall of Harmony and Peace (Yonghegong)
  3. Hall of Everlasting Protection (Yongyoudian)
  4. Hall of Wheel of the Law (Falundian)
  5. Pavillion of Ten Thousand Happinesses (Wanfuge).
The Hall of Heavenly Kings yang terletak paling selatan dari poros bangunan awalnya sebagai pintu masuk utama biara. Ditengah Aula ini berdiri patung tersenyum Sang Buddha Maitreya dengan sebuah Pagoda Cendana di setiap sisi. Pada setiap Pagoda berdiri banyak gambar Buddha kecil yang melambangkan umur panjang. Sepanjang dinding terpajang patung Empat Raja Langit dengan wajah yang menakutkan. The Hall of Harmony and Peace, adalah bangunan utama dari Kuil. Disini terdapat 3 patung perunggu dari Patung Buddha, masing2 Patung Buddha Gautama berada di tengah yang diapit Patung Kasyapa Matanga di sebelah kanan dan Patung Buddha Maitreya di sebelah kiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar